9 Step Cara Membuat Telur Gulung Enak Dan Anti Gagal


Siapa di sini yang suka makan telur gulung? Jajanan kaki lima satu ini merupakan tindakan masa kecil anak generasi 90-an yang selalu berhasil bikin rindu. Jajanan ini terbuar dari telur yang dikocok dan digoreng. Kemudian disajikan menggunakan tusuk sate.
Meskipun jajanan ini tampak sederhana, tapi rasanya enak sekali sehingga banyak digemari banyak orang. Jajanan telur gulung ini biasanya dijual di depan sekolah. Kepopuleran jajanan ini ternyata terus bertahan hingga saat ini.
Cara Membuat Telur Gulung
sumber : google

Bahkan kini telah banyak kedai yang menjual kudapan ini dengan penampilan yang dikemas lebih kekinian. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba membuat sendiri telur gulung di rumah, simak cara berikut ini ya.

Cara Membuat Telur Gulung

Sebelum mulai, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut.
  • 2 butir telur
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • ½ gelas air
  • ¼ garam
  • Minyak goreng
  • Tusuk sate

9 Step Anti Gagal Membuat Telur Gulung Enak

  1. Siapkan wadah yang bersih. Kemudian masukkan sedikit air. Pecahkan dua butir telur ke dalam mangkuk, tambahkan merica, garam, dan kaldu bubuk untuk memberikan rasa pada jajanan telur gulung.
  2. Setelah bahan-bahan masuk ke dalam mangkuk, kocok adonan telur hingga merata, berbusa dan bertekstur cair.
  3. Sisihkan adonan telur yang telah berbusa. Kemudian tuang minyak goreng setengah penuh ke dalam wajan dan panaskan menggunakan api sedang hingga 3-5 menit.
  4. Setelah minyak dalam keadaan panas, tuangkan 3 sdm telur ke dalam minyak atau sesuaikan dengan ketebalan telur gulung yang Anda mau. Usahakan menuangkannya ke bagian tengah wajan. Nantinya telur akan mengambang ke permukaan minyak goreng dan membentuk gelembung. Lalu cepat gulung menggunakan tusuk sate.
  5. Gulung telur menuju pinggir wajan sembari tekan-tekan pelan agar bentuk telur gulung terjaga dan tidak mudah lepas.
  6. Tiriskan telur gulung agar sisa minyak lebih berkurang.
  7. Ulangi langkah-langkah di atas hingga semua adonan telur yang masih ada selesai digoreng.
  8. Tambahkan topping seperti saus sambal, saus tomat, bumbu bubuk, atau mayonaise agar telur gulung terasa lebih nikmat.
  9. Telur gulung siap disajikan dalam wadah!
Mudah bukan? Sekarang Anda bisa mencoba cara membuat telur gulung di rumah.

Tips Dan Trik Yang Dapat Dilakukan

Jika Anda masih sering gagal ketika membuat telur gulung, Anda perlu simak beberapa tips dan trik membuat telur gulung anti gagal berikut ini.

  1. Teknik Menggulung Yang Benar
Ketika menuangkan adonan telur, usahakan jangan seperti ketika Anda membuat telur dadar. Namun, tuang adonan dengan gerakan memutar agar adonan telur dapat menyebar rata dan mudah digulung menggunakan tusuk sate.

  1. Pastikan Minyak Goreng Dalam Kondisi Sudah Panas
Pastikan keadaan minyak sudah dalam kondisi sungguh-sungguhh panas dan api dalam keadaan sedang sebelum Anda memasukkan telur.
Akhirnya Anda bisa menyantap jajanan telur gulung sembari mengenang kembali masa kecilmu. Karena sudah bisa membuat camilan ini di rumah tentunya sudah tidak perlu lagi jajan di luar. Selain itu, kebersihan makanan lebih terjamin dan rasa telur gulung bisa kita sesuaikan dengan selera kita.

Kalau Anda sudah mencoba resep ini atau Anda punya tips tambahan yang mungkin bisa bermanfaat dan membuat telur gulung menjadi lebih nikmat lagi, beri komentar ya. Selamat mencoba resep telur gulung enak dan anti gagal di rumah.

0 Response to "9 Step Cara Membuat Telur Gulung Enak Dan Anti Gagal"

Posting Komentar