5 Step Ringkas Cara Membuat Telur Gulung Ala Kaki Lima


Anda tentu sering melihat penjaja jajanan ringan di pinggir jalan. Satu diantaranya tentu saja telur gulung, jajanan jadul yang kerap mangkal di sekolah. Buat generasi 90-an, telur gulung mengingatkan Anda akan banyak hal.
cara membuat telur gulung
sumber : google

Tak cuma nostalgia zaman sekolah, namun citarasanya yang selalu nikmat. Mengingat rasanya yang tak pernah berubah, telur gulung pun selalu diburu sampai sekarang. Penasaran bagaimana cara membuat telur gulung? Selalu gagal membuat telur gulung sendiri di rumah? Di bawah ini ada beberapa tips membuat telur gulung layaknya penjaja kaki lima.

  1. Membuat Bahan
Meracik bahan-bahan untuk membuat telur gulung sebenarnya tak sulit. Bahkan bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana, seperti telur, garam, serta lada. Jika Anda ingin menambahkan beberapa bahan lain ke dalam adonan.
Pastikan tak mengubah tekstur telur sama sekali. Pasalnya, Anda akan sulit mendapatkan tekstur telur yang tetap renyah, tetapi lembut di dalam. Untuk itu, tambahkan bahan-bahan lain saat menggoreng, bukan mencampurkannya ke adonan.

  1. Mengocok Telur
Supaya telur lebih mudah digulung dan mengembang, Anda harus mengocoknya dengan benar. Kalau diperhatikan, penjual telur gulung biasanya mengocok bahan sampai berbusa. Lakukan hal yang sama pada adonan telur Anda. Kocok telur dan bumbu lainnya sampai benar-benar berbusa dan tercampur rata. Jangan sampai ada gumpalan atau adonan mengental sebab akan berpengaruh saat menggulung.

  1. Pastikan Minyak Panas
Cara membuat telur gulung yang banyak diabaikan adalah kondisi minyak. Ketika menuang adonan telur gulung, pastikan minyak sudah benar-benar panas. Api kompor pun tak boleh terlalu besar atau kecil, namun sedang.
Dengan begini, adonan bakal matang sempurna dan mengembang. Anda juga akan mendapatkan tekstur telur gulung yang diinginkan. Proses penggulungannya pun bakal lebih mudah. Kalau Anda ingin menambahkan bahan pelengkap, tambahkan saat telur digoreng.

  1. Menggulung Telur
Membuat gulungan telur sebenarnya gampang-gampang susah. Untuk Anda yang tak begitu mahir, menggulung telur bakal sulit. Adonan akan terlepas dari tusukan sate atau berantakan. Tips yang bisa Anda tiru adalah menunggu telur muncul ke permukaan minyak.
Saat menuang adonan pun lakukan dengan menyebar, bukan dari bagian tengah. Ini tentu berbeda dengan membuat telur dadar atau mata sapi. Pastikan pula Anda menggunakan minyak yang cukup banyak. Setelah telur naik ke atas, barulah lilit satu arah menggunakan tusuk sate. Lakukan penggulungan dari bagian pinggir wajan sampai adonan habis. Tiriskan telur gulung sebentar di wajan untuk mengurangi kadar minyaknya.

  1. Menyajikan
Menikmati telur gulung tak lengkap rasanya tanpa saus sambal. Umumnya, para penjual bakal memberikan Anda pilihan saus. Kebanyakan pembeli bakal memilih sambal pedas yang tak terlalu kental. Anda bisa pula membuat saus yang sama di rumah sebagai pelengkap. Cara membuatnya sangat mudah, tak berbeda dengan sambal biasanya. Anda hanya perlu menambahkan air lebih banyak untuk mendapatkan tekstur yang pas.

Tertarik membuat telur gulung sendiri di rumah? Atau Anda ingin mengkreasikan adonan telur gulung sesuai kesukaan? Sekarang, Anda bisa mewujudkan keinginan tersebut. Setelah membaca 5 cara membuat telur gulung di atas, Anda tentu lebih mudah mempraktikkannya.
Membuat telur gulung sendiri tentu jauh lebih murah dan higienis. Pasalnya, Anda tahu bahan-bahan serta proses pembuatan jajanan tersebut. Tunggu apa lagi? Segera coba sendiri tips yang sudah dibagikan di atas.

0 Response to "5 Step Ringkas Cara Membuat Telur Gulung Ala Kaki Lima"

Posting Komentar