Cara Membuat Telur Asin Yang Mudah

Siapa yang tak kenal dengan telurasin? Makanan khas Indonesia yang satu ini memang banyak penggemarnya. Tidak heran jika banyak yang penasaran dengan cara membuat telur asin. Namun tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa membuat telur asin itu sangatlah sulit. Terutama jika harus mengikuti resep tradisional.

Lamanya proses pembuatan dan banyaknya tahapan yang harus dilakukan dalam membuat telur asin membuat orang kadang memilih untuk membeli saja daripada membuatnya sendiri. Padahal membuat sendiri telur asin bisa mendatangkan kepuasan tersendiri loh. Selain itu, membuat telur asin sendiri bisa menjamin kebersihan telur asin yang akan kita konsumsi.

Bahan-Bahan Penting Untuk Mempraktekkan Cara Membuat Telur Asin

Biasanya telur asin yang dibuat dengan cara tradisional menggunakan abu atau bubuk batu untuk menciptakan rasa 'masir' khas telur asin. Tapi anda juga masih bisa kok membuat telur asin yang sama enaknya dengan cara yang lebih mudah untuk dipraktekkan. Sebelum mulai mempraktekan cara membuat telur asin yang enak, penting untuk anda mempersiapkan bahan-bahan utama, seperti:
  • Siapkan telur bebek kira-kira 10-30 butir. Pastikan untuk memilih telur bebek yang masih segar agar kualitas rasanya juga baik.
  • Siapkan juga 500gr garam. Anda bisa memakai garam apapun baik itu garam kasar, garam dapur, maupun garam gosok.
  • Siapkan air bersih kira-kira 1.5-2 liter. 
  • Siapkan wadah berupa toples atau jar yang bisa digunakan untuk menyimpan telur dan bisa ditutup rapat. Bahan toples bebas saja bisa dari plastik pun tidak mengapa. 

Cara Membuat Telur Asin Yang Mudah

Setelah semua bahan disiapkan dengan baik, saatnya anda lanjut ke tahap berikutnya yaitu ke proses pembuatan. Proses pembuatan telur asin kali ini tidak akan menggunakan abu karena ini adalah cara memasak yang lebih modern dan simple. Ini dia langkah-langkahnya:
  1. Pertama, rendam telur yang sudah disiapkan dalam air bersih kira-kira 3 menit lamanya. Perhatikan, jika telur mengapung berarti kualitasnya kurang baik. Jadi pilihlah telur yang tidak mengapung.
  2. Kedua, bersihkanlah telur dengan menggunakan sabun dan spon agar kotorannya bersih. Selain menjaga kebersihan, hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas proses pengasinan.
  3. Ketiga, keringkanlah telur untuk kemudian gosok menggunakan amplas halus. Hal ini dilakukan agar pori-pori telur terbuka dan garam bisa terserap dengan baik. Namun pastikan untuk tidak menggosoknya terlalu lama dan kasar.
  4. Keempat, larutkan garam dengan air yang sudah disiapkan tadi disebuah wadah. 
  5. Kelima, masukkan telur-telur kedalam toples. Lalu tuangka larutan air garam tadi kedalam toples yang berisi telur-telur. Dalam tahap ini, telur-telur akan mengapung.
  6. Keenam, siapkan kantong plastik ukuran 1kg dan isi dengan air setengahnya. Lalu gunakan kantong tersebut untuk menindih telur agar tidak mengapung. Pastikan agar seluruh telur terendam air garam.
  7. Ketujuh, tutup rapat toples dan biarkan. Periksa telur 12 hari kemudian. Jika anda ingin telur lebih mantap lagi rasanya, bisa ditunggu hingga 3 minggu lamanya. Ini juga bisa membantu agar telur lebih awet.
Untuk memasak telur-telur tersebut, anda bisa merebusnya dengan air mendidih atau mengukusnya selama 1 jam menggunakan api sedang. Tidak sulit bukan mempraktekkan cara membuat telur asin dengan cara modern seperti diatas? Tidak perlu menggunakan abu ataupun bubuk batu bata untuk membuat telur asin yang enak. Yuk coba resepnya sekarang juga!

0 Response to "Cara Membuat Telur Asin Yang Mudah "

Posting Komentar

Populer

Telur Mengandung Vitamin Dan Nutrisi Apa Saja?

Telur bukanlah makanan asing. Ia adalah bahan makanan yang mudah didapat. Meskipun tidak termasuk bahan makanan yang mewah namun telu...