Telur Mengandung Vitamin Dan Nutrisi Apa Saja?

Telur bukanlah makanan asing. Ia adalah bahan makanan yang mudah didapat. Meskipun tidak termasuk bahan makanan yang mewah namun telur mengandung vitamin serta nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Itulah mengapa telur masuk dalam daftar bahan makanan pokok sehari-hari. Telur menjadi bahan andalan masakan dirumah, warung makan, sampai restoran bintang lima. Rasa yang enak, harga terjangkau, dan mudah didapat membuat telur menjadi primadona. Namun tidak hanya itu, telur adalah makanan sehat yang memberikan manfaat positif bagi tubuh manusia.
telur mengandung nutrisi apa saja

Telur Mengandung Vitamin Dan Nutrisi Apa Saja?

Semua orang sudah pasti tahu telur itu seperti apa bentuknya, rasanya, dan cara mengolahnya. Namun tidak semua orang tahu mengenai kandungan nutrisi didalamnya. Yang kebanyakan orang tahu adalah telur merupakan sumber protein. Namun lebih dari itu, ada banyak nutrisi penting lainnya yang terkandung pada sebutir telur. Yuk cari tahu apa saja kandungan telur itu!

  1. Telur merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Satu butir telur mengandung 13 jenis vitamin esensial dan mineral, serta protein tinggi yang berkualitas. Telur hanya mengandung 70 kalori saja. 
  2. Putih telur mengandung protein yang berkualitas tinggi, riboflavin, serta selenium. Banyak yang menyukai rasa dan tekstur dari putih telur karena terasa lebih ringan dibanding bagian kuningnya. Namun ternyata sebagian besar nutrisi penting telur ada pada kuningnya.
  3. Pada kuning telur terkandung vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan sistem imunitas tubuh. Telur merupakan makanan yang memang secara alami mengandung vitamin D.
  4. Kuning telur juga mengandung kolin yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga fungsi sel-sel tubuh terutama untuk wanita hamil agar membantu perkembangan otak janin. 
  5. Kuning telur juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti zeaxanthin, yakni sejenis antioksidan yang dipercaya mampu mengurangi resiko katarak. Ia juga dipercaya mampu membantu memperlambat proses degenerasi serta penyakit lainnya yang disebabkan penuaan atau faktor usia lanjut.

Telur Mengandung Vitamin Dan Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Telur memberikan manfaat yang begitu besar untuk menjaga kesehatan tubuh manusia terutama untuk ibu hamil. Itulah sebabnya direkomendasikan untuk ibu hamil mengonsumsi telur dengan cara yang baik agar nutrisi didalamnya memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut faktanya:

  • Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa telur mengandung setidaknya 13 jenis vitamin esensial, mineral, dan nutrisi lainnya. Kebutuhan nutrisi ibu hamil memang bertambah seiring dengan berkembangnya janin. Telur bisa membantu memenuhi kecukupan nutrisi yang diperlukan ibu dan janin dengan baik.
  • Kandungan nutrisi pada telur diketahui dapat membantu dalam menjaga perkembangan otak janin. Kandungan dalam telur yang berfungsi untuk perkembangan kognitif janin ialah kolin dan lutein. Kolin mampu meningkatkan sistem memori dan kognitif otak janin. Ia juga membantu mencegah dan mengurangi resiko cacat lahir pada janin.
  • Lutein sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan mata, otak, dan sistem kognitif anak. Lutein beserta omega 3 pada telur membantu dalam perkembangan otak sejak dalam kandungan.
Ada begitu banyak nutrisi penting yang terkandung dalam sebutir telur. Tidak hanya omega 3 dan protein, tapi telur mengandung vitamin pula seperti vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan imunitas. Ia juga bisa menjadi alternatif pengganti sumber protein lainnya seperti ayam, daging, dan ikan.

0 Response to "Telur Mengandung Vitamin Dan Nutrisi Apa Saja?"

Posting Komentar