Cara Memilih Telur yang Baik

Pernahkan ketika kita akan memasak telur, tetapi kemudian bau busuk atau sudah berubah warna? Rasanya sangat mengecewakan sekali, apalagi saat-saat perut mulai lapar bukan. Telur merupakan makanan wajib buat kita, apalagi untuk yang sibuk dengan memasak telur tentu akan lebih praktis dan cepat serta memiliki kandungan protein yang cukup.
 
Kandungan gizi dalam telur memiliki banyak manfaat seperti untuk kesehatan mata, daya tahan, zat besi dan lainya. Nah, ada baiknya ketika kita akan memasak telur atau saat membeli telur dari penjual telur perhatikan dulu cara memilih telur yang baik sebagai berikut agar telur yang akan kita masak tidak mengecewakan :

  • Lihat warna dari telur
Pilih telur yang warnanya lebih pekat dan cerah. Telur ini menunjukan telah diproduksi dengan sempurna dan cangkangnya kuat sehingga dapat melindungi isi telur dengan baik. Jangan pilih yang warnanya kusam atau keruh karena telur tersebut sudah lama dan juga jangan pilih yang sudah timbul bintik-bintik hitam yang disebabkan jamur.

  • Perhatikan Ukuran telur
Pilih yang ukuran normal, tidak terlalu kecil dan besar.
  • Perhatikan Bentuknya
Pilih telur yang bentuknya lonjong, dimana mengandung kuning telur lebih banyak dibandingkan telur ukuran bulat.
cara memilih telur yang baik

  • Lihat dan Sentuh Kulit Telur
Pilih telur yang tidak rusak dan berlubang, apabila terdapat butiran putih yang terasa kasar, dipastikan masih segar. Permukaan kulit telur yang licin dan mengkilap dicurigai sudah disimpan lama.

  • Cium Aromanya
Pilih yang tidak berbau busuk.

  • Mengguncang Telur
Guncangkan, jika terdengar bunyi atau terasa ada yang longgar, itu pertanda sudah dalam kondisi tidak baik, pilihlah yang tidak ada suaranya.

  • Rendam Telur dalam Air
Ini jarang dilakukan, karena di lokasi penjual tidak ada air untuk merendamnya. Apabila telur direndam dan tenggelam dengan posisi tidur, menandakan telur masih segar. Apabila telur rusak agak berdiri menandakan telur sudah disimpan 1 Minggu, jika tegak berdiri sudah disimpan 2-3 Minggu dan bila sudah melayang bahkan mengapung dipastikan sudah rusak.

0 Response to "Cara Memilih Telur yang Baik"

Posting Komentar